ladies brand

22 Agustus 2009

Ilmuwan Italia Buat Terobosan Superkomputer

Roma: Beberapa ilmuwan dari Universitas Trento, Italia, Selasa (18/8), mengkonfirmasi bahwa mereka telah melakukan langkah besar ke arah pengembangan komputer kuantum supercepat. Semua komputer kuantum mengandalkan properti partikel subatom untuk memancarkan keterangan dan melakukan penghitungan dengan menggunakan berbagai unit informasi yang disebut qubit.

Xinhua-OANA mewartakan qubit tidak seperti bit yang digunakan di dalam operasi komputer konvensional, yang hanya dapat mewakili satu dari dua, qubit dapat mewakili sampai empat. Dengan kemampuan ini memungkinkan pemakai untuk mengurangi banyak waktu di depan komputer.

Gelombang elektron yang digunakan untuk menyampaikan informasi di dalam komputer kuantum bergerak di dalam partikel yang disebut bit kuantum dengan mudah dipengaruhi oleh campur tangan dari luar. Namun, hal itu sudah teratasi.

Profesor Iacopo Carusotto, seorang ahli ilmu fisika di pusat Bec-Infm yang juga mengajar di University of Trento, mengatakan, penyelesaian bagi campur tangan bit kuantum ialah mempolarisasikannya sehingga semua bit kuantum berputar pada arah yang sama. Dia membandingkan teknik tersebut dengan penghapusan suara latar yang menjengkelkan yang menghalangi seseorang memusatkan perhatian.

"Itu seperti memberikan irama reguler yang terus-menerus kepada sepasang maraca yang berguncang tak terkendali. Dengan cara ini, `suara` itu menjadi dapat diterima bagi elektron, yang tidak menjadi bingung dan dapat bekerja lebih efisiensi," kata Iacopo.

Sekedar informasi, maraca adalah alat musik asli beberapa negara Karibia serta Amerika Latin yang biasanya dimainkan secara berpasangan.

Teknik tersebut dikembangkan oleh para peneliti di Bec-Infm Research and Development Center, laboratorium fisika di Universitas Trento, yang bekerja sama dengan satu tim ahli fisika internasional dari seluruh dunia. Seperti dikutip ANTARA, temuan tersebut disiarkan di dalam Nature Physics, jurnal ilmiah kenamaan yang memusatkan perhatian pada fisika terapan, terbitan 15 Agustus.(AND)

sumber: liputan6.com

2 komentar:

Haedir 'sisi' 23 Agustus 2009 pukul 23.52  

wuaaaaaaaaaaaaaa
kok cuma itali doang ni yg sll buat terobosan, kPAN INDONESIA ?? jahaha


salam kenal !~!

Posting Komentar

Silakan isi komentar anda dibawah ini.....!Komentar anda sangat berarti bagi blog ini. TERIMA KASIH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent comment

BlogRoll

--- A --- Aa-Gen Blog ------ B ------- ------ C ------- ------ D ------- ------ E ------- Echa ------ F ------- ------ G ------- ------ H ------- ------ I ------- ------ J ------- ------ K ------ ------- L ------- -------- M -------- Meindra --------- N ------- --------- O ------- -------- P -------- ------- Q ------- -------- R ------ Refleksi Personal Blog Dilla ------- S ------- -------- T ------ ------ U ----- --------- V ------ --------- W ------- --------- X ------ --------- Y ------- --------- Z -------

MY link

About Me

Foto saya
Kami sangat mengutamakan kepuasan pelanggan karen kepuasan pelanggan adalah kebahagian kami
Total Posting
Total Komentar

STATISTIK

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP